Bagaimana cara menentukan harga jual?

Pertanyaan yang umum ditanyakan pedagang mengenai berapa harga jual yang pas.
Ada 3 macam acuan dalam menentukan harga jual.

  1. Menaikkan harga sekian persen dari supplier. Misalnya jualan jilbab. Mau ambil keuntungan 20% kalo harga jilbabnya 100rb berarti dijual 120rb.
  2. Menentukan berdasarkan harga pasaran. Biasanya lihat dari markertplace besar seperti tokopedia atau shopee. Harga jilbab sekitar 100rb berarti jual sekitar 100rb juga.
  3. Menentukan harga suka-suka sendiri. Nah ini biasanya dilakukan oleh pemilik produk sendiri atau supplier. Misalnya harga produksi jilbab perbuahnya 20rb dia jual aja 80rb atau sekalian 150rb. keuntungan bisa berkali-kali lipat. Gimana caranya bisa gitu? ini perlu waktu yg lama, proses branding dll.

Pada poin ke-2 Menentukan harga berdasar harga pasaran. Ada beberapa oknum yang berusaha mengontrol harga pasaran dengan cara pasang iklan dibawah harga pasaran. Begitu dipesan, ya dibatalkan, stok habis atau tidak ada respon. Hal ini terjadi pada lapak sepeda saya, dimana saya jual mahal tetapi ada akun-akun baru yang berusaha mengontrol harga dengan pasang harga dibawah pasaran.

Alhamdulillah atas izin Allah saya bisa jual sepeda dengan harga mahal. Baik melalui marketplace maupun di luar marketplace.
Yang ngga bisa beli? Ya berarti bukan target market saya.

Dec24

Leave a Reply