JAMstack apa ya…

Hari ini saya menemukan istilah baru yang namanya “Jamstack”. Padahal mungkin sudah lama. Betapa gapteknya saya. Maafkeun.
JAM itu sendiri artinya singkatan yang terdiir dari JAM “JavaScript, APIs and Markup(HTML)” merupakan sebuah arsitektur untuk deploy sebagai file static. Nah karena file static ya udah tinggal tampilin aja nga perlu lagi ada proses dibelakang seperti ambil dari database, hitung2an dll. Ketika JamStack ini digabung sama CDN wahhh… makin kenceng ini. Gudbay Lola (Loading lama).

Biasanya untuk generate/bikin file static gini orang-orang high tech itu(developer) pada pakai Next.js, Gatsby, Hugo, atau Jekyll. Ternyata NuxtJS juga termasuk site generator.

Terus deploy gimana? Kalo web monolothic pada umunya pakai Heroku sebagai PAAS(Paltform As A Service) nah kalo JAMStack ini PAAS yang dipakai itu netlify.
netlify.com

Karena webnya static terus datanya gimana dong? Datanya ambil dari API. Hohoho….

Sudah cukup sekian dulu info yang bisa saya kasih. Ngikutin perkembanngan teknologi web ngga ada habisnya pasti ada selalu hal baru.Tambah belajar tambah pusing. Ngga usah belajar aja ya….

Oct16

Leave a Reply