Magabut

Magabut adalah sebuah nama yang pertama kali saya dengar ketika saya menjadi asisten lab di tempat saya kuliah dulu.
Sebagai asisten lab tugas saya adalah mengajar junior-junior pada fakultas Sistem Informasi untuk belajar komputer seperti programming, menggunakan excel, menggunakan word dll. Saya sendiri berasal dari Fakultas Teknik Industri namun mengajar pada Fakultas lain walaupun di Fakultas saya sendiri ada lab komputer.

Seperti yang saya bilang diatas Magabut itu artinya Makan Gaji Buta. Kenapa bisa makan gaji buta bukan karena gaji punya mata abis gitu dicolok jadi buta. Tapi karena sesuatu hal yang harusnya bekerja tapi tidak kerja dan mendapatkan uang. Asisten lab digaji berdasarkan jam kerja yang dikerjakan walaupun nilainya sangat sedikit.
Hal ini bisa terjadi karena jam yang harusnya ada praktikum tapi tidak bisa dilaksanakan karena berbagai macam hal seperti tiba-tiba ada kelas, komputer lab tidak bisa dipakai dan alasan lainnya yang diluar rencana.

Setelah sekian lama tidak merasakan gaji buta akhirnya akhir-akhir ini saya merasakanannya kembali setelah 14 tahun. Koq bisa? Iya karena ada senior yang sudah bekerja dari perusahaan pertama berdisi itu keluar. Jadi pekerjaan yang biasanya dia kerjakan menjadi tidak ada. Mau dioper ke orang lainpun terlalu banyak, sehingga diputuskan untuk memutus kontrak dengan client.

Contohnya begini. Bapak A ini dapat kontrak untuk mengerjakan web sistem dengan url ABCdotcom dan yang mengerjakannya adalah saya. Setelah selesai maka ada biaya perawatan yang dibebankan ketika website mau menambah fitur kontak, kirim email, daftar user dll. Nah ketika bapak A keluar, sedangkan tidak ada pengantinya maka perusahaan bilang bahwa kita udah ga bisa ngerjakan lagi maka anda silakan cari orang lain aja. Nah karena itu saya yang biasa ngerjain ABCdotcom jadi ngga ada kerjaan lagi. sementara perusahaan harus menggaji saya tiap bulan(Repot juga ya jadi pengusaha).

Saya jadi mikir kalo ngga ada kerjaan begini apa lebih baik saya keluar juga? Teman-teman yang lain juga ternyata berpikiran sama. Daripada ngga ada kerjaan mendingan cari kerjaan lain di perusahaan yang lebih baik saja ya. Dari total 10 orang dalam tim yang dipimpin bapak A sekarang tinggal 3 orang saja.

Sep08

Leave a Reply