pelayanan baik != penghasilan baik

Hari ini saya mengawali judul posting saya dengan pelayanan baik != penghasilan baik. Artinya menurut hukum jual beli dan asumsi hampir semua orang dalam bidang jualan. Memberikan service/pelayanan yang baik pasti akan mendapatkan penghasilan yang baik pula. Secara umum hal itu memang berlaku. Tapi ada beberapa orang yang bahkan sudah diberikan service terbaik tapi tetap saja pelit untuk mengeluarkan uang.

Saya mengerti dalam bidang jual-beli barang prioritas utama adalah membeli dengan harga murah dan menjual dengan harga tinggi. Selama saya jualan jasa selama ini, saya baru menemukan 2 tipe orang yang pelit dan tidak menghargai walaupun sudah diberikan service yang terbaik.

1. Pak Rhoden
Beliau ini punya usaha dibidang fotografi pernikahan. Saya membuat program untuk integrasi antara website bapak dengan service SAAS seperti Quickbooks, Hubspot, Stripe dll. Saya juga memperbaiki tampilan websitenya supaya bisa diakses oleh berbagai macam device. Si bapak ini entah ngga tau harga pasaran atau gimana selalu membayar saya dengan harga rendah. Hal tersebut akhirnya berhenti setelah saya beralasan kalo saya punya perusahaan sendiri jadi saya ngga bisa ngerjain proyek dari dia lagi. Selain itu si bapak juga suka ngasih kerjaan diluar dari kesepakatan awal.

2. Pak S
Saya sebut inisialnya saja ya. Pak S ini adalah pelanggan saya dalam jual beli jasa untuk membelikan barang dari Jepang. Pak S ini juga pelit juga. Mungkin beliau lebih cocok jadi bendahara perusahaan kali ya. Kalo bilang mau beli komputer dibilangnya jangan dulu karena komputer lama masih bisa dipake. pokoknya gimana caranya supaya uang yang udah masuk susah untuk keluar.

Cukup sekian dulu curhat dari saya. Intinya adalah “pengendalian diri” eh salah. Intinya adalah asumsi orang kalo kita memberikan service terbaik maka orang juga tidak akan segan memberikan kita sesuatu yang terbaik itu tidak seluruhnya benar. Ada segelintir orang yang memang sudah diberikan pelayanan terbaik tapi tetap pelit untuk mengeluarkan uang.

Terima Kasih

Sep05

Leave a Reply