Membuat Ruby Gem

Jadi sekitaran seminggu yang lalu saya mencoba mbikin Ruby gem. Bahasa gampangnya adalah, library/sekumpulan fungsi untuk Ruby. Kenapa saya membuat? Pertanyaan bagus. “Jawabnya ada di ujung langit kita kesana dengan seorang anak, anak yang tangkas dan juga pemberani”.. (sambil nyanyi opening Dragon Ball di Indosiar jama dulu). Jadi karena eh karena saya kepengen aja. Ya bukan itu juga kalii.. Kepengen kontribusi aja. Kan saya sering pake Ruby Gem macem-macem kaya Kaminari, Devise, Mysql2 dll… Nah karena banyak make jadi kepengen kontribusi, gantian bikin lah masa’ mau make terus. Kalo orang lain “Give and Take” saya mah kebalikannya “Take and Give”.

karena baru pertama kali buat Gem, saya mau coba buat gem yang sederhana aja dulu. Pilihan saya kepengen bikin fungsi terbilang. Itu loh yang suka ada di Kuitansi. Angka 100.000 dibikin terbilang jadi “Seratus Ribu”. Mengubah angka menjadi string dalam bahasa Indonesia. Algoritmanya udah beredar banyak di Internet silakan dicari sendiri.

Dari tutorial bikin Ruby Gem secara garis besar ada 2 cara yaitu cara dari Rubygems dan cara dari RubyonRails. Saya milih ngikutin dari RubyGems aja karena kelihtannya lebih sederhana dan gampang dipelajari.

Setelah mbikin sana-sini. Sana-sini maksudnya trial and error. Lebih banyak errornya sih. Akhirnya jadi juga gem bikinan saya. Bisa diakses diwebsite RubyGem dengan alamat URL https://rubygems.org/gems/terbilang. Source code saya bikin Open Source bisa dilihat di alamat Github saya https://github.com/kovloq/terbilang. Jangan lupa follow ya..

Selanjutnya saya mau mbikin Ruby Gem yang lain. Tunggu postingan saya berikutnya. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website