pre-interview project

Jadi akhir-akhir ini saya suka baca Medium. Buat yang belum tau Medium, Medium itu blog. Orang2 yang nulis di Medium ada yang terkenal juga kaya SUndar Pichai, Hillary Clinton dll… Nah kebetulan waktu pas buka Medium ada artikel manarik judulnya “How to Get Any Job You Want (even if you’re unqualified)“.

Saya yang waktu itu lagi cari kerja tertarik buat baca bacaan tersebut. Di Blog tersebut diceritakan gimana sih cara dapet kerjaan walaupun kita ngga kurang sedikit memenuhi persyaratan.

Biasanya di lowongan pekerjaan tertulis dibutuhkan posisi [nama posisi] dengan pengalaman 5 tahun. Nah kenapa si HRD pengen yang pengalaman 5 tahun? karena biasanya yang udah punya pengalaman bisa kerja dengan baik. Padahal sebenernya yang perusahaan mau itu adalah karyawan yang bisa memecahkan masalah buat mereka. orang HRD mikirnya orang yang punya pengalaman pasti bisa memecahkan masalah mereka.

Nah sekarang intinya supaya dapat pekerjaan adalah dengan cara menunjukkan kalo kita bisa memecahkan masalah mereka. Ini yang dinamakan Pre-interview project. Contohnya kita mau melamar sebagai programmer, maka sebelum melamar kita coba buat program komputer yang sesuai dengan kriteria yang mereka mau.

Nah sekarang saya coba simpulkan langkah-langkah melamar pekerjaan.

1. Cari lowongan pekerjaan yang sesuai.
Nah disini artinya adalah jangan coba-coba men-spam email kantor-kantor dengan cara ngirimin CV ke macem-macem kantor. Daripada gitu mendingan cari yang bener-bener sesuai. Kalo misalnya mereka minta pengalaman 5 tahun, berarti setidaknya anda harus mempunyai pengalaman 3-4 tahun. Jangan melamar dibawah jauh dari kriteria ya.

2. Cari tau pekerjaan yang kaya gimana.
Coba cari tau pekerjaan apa yang bakal dilakukan. Hal ini nanti erat kaitannya dengan job-interview project yang nanti akan dilakukan.

3. Lakukan pre-interview project per perusahaan yang kamu lamar.
Nah disinilah inti dari kesuksesan melamar pekerjaan. Tunjukin kalo kamu bisa bekerja dan bisa memecahkan masalah mereka.

4. Kirim project
Project yang udah jadi udah bisa dikirim. Nah dalam mengirim project ini ada baiknya langsung kirim ke CEO perusahaan tersebut. Karena kalo ngirim ke HRD mereka kemungkinan besar ngga tau dan ngga ngerti project yang kamu udah kerjaan. Biasanya email pak bos aka CEO itu namadepan.namabelakang@websiteperusahaan.

Pengalaman saya yang udah-udah. Kebetulan bisang pekerjaan saya Programmer. Cobalah bikin program-program apapun itu dan taro di Github. Pernah saya ngelamar pekerjaan dan pak bos pengen liat program yang udah pernah saya buat. Ya.. saya bilang aja, saya ngga bisa ngasi liat source code project client. Pengalaman kerjaan saya sudah lama dan macam-macam project juga pernah saya kerjakan tapi ketika disuruh ngasih liat source code ga bisa ya sudah lah gagal.

Nah sejak itu saya isi akun github saya yang sudah lama tidak pernah dipake. Isinya saya isi macem-macem dari mulai Java-Android, Swift, PHP, Python, Ruby on Rails. Jadi sewaktu-waktu kalo misalnya ada CEO mau liat source code bisa langsung kasi akun github biar dia bisa liat sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website