Aplikasi Cuaca

Pas saya di Jepang sini saya selalu liat aplikasi cuaca. Tujuannya apa? Supaya bisa tau suhu hari ini sampai seminggu kedepan berapa derajat. Cuaca juga begitu bisa jadi hari ini cerah trus besok hujan. Dengan mengetahui cuaca maka kita bisa siap-siap. Misalnya hari ini jam 10an mau hujan. Ya sudah berarti dari rumah bawa payung.

Saya lebih sering liat aplikasi cuaca pas mulai kerja jadi tukang koran. Pas lagi ngoran kalo pas cuacanya hujan itu jadi agak susah sedikit karena jalanan jadi licin, trus semua koran harus dibungkusin plastik. Saya pun harus pakai jas hujan. Pada waktu musim dingin, saya harus cek suhu hari itu berapa jadinya saya bisa siap-siap pakai baju apa yang cocok. kalo cuacanya dingin, saya siap-siap pakai baju agak tebal. Ada kalanya pas musim dingin suhu bisa jadi lebih hangat atau lebih dingin dari biasanya.

Di Indonesia mungkin aplikasi cuaca ngga terlalu populer. Mungkin karena suhu cenderung stabil karena posisi Indonesia terletak di daerah tropis. Yang selanjutnya adalah, orang Indonesia ngga terlalu peduli kalo hujan turun. Kalo hujannya masih gerimis ya jalan aja terus. Pas hujan deres yang naik motor akan neduh, atau kalo bawa jas ujan bisa pake jas ujan. Waktu turun hujan juga antara 1~ 2 jam sudah selesai. Berbeda halnya dengan di Jepang ketika turun hujan bisa seharian atau bisa juga dua hari.

Terkait dengan cuaca Indonesia, saya pernah membuat aplikasi “Cuaca Indonesia” yang bisa diunduh di google play di URL berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=dana.cuaca. Aplikasi ini tidak begitu populer mungkin karena yang itu tadi yang sudah saya sebut diatas. Orang Indonesia udah terlalu peduli sama cuaca.

Di post selanjutnya saya akan jelaskan lebih detail tentang aplikasi cuaca yang pernah saya buat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website