Ujian Praktek SIM mobil Jepang

Jepang

Sebenernya saya udah lama mau nulis ini tapi ketunda-tunda terus. Maklum orang sok sibuk :D. Dulu saya pernah nulis gimana caranya bikin SIM motor di Jepang. Peraturan berkendara juga sudah pernah saya tulis. Syarat-syarat untuk membuat SIM mobil Jepang bisa dilihat di link berikut ini. Panduan berikut ini hanya berlaku untuk ujian praktek di Fukuoka saja. Didaerah lain rutenya akan berbeda.

Karena saya sudah gagal 3 kali ujian praktek dan berhasil pada ujian yang ke-4. Saya kepengen orang Indonesia yang ujian praktek tidak perlu mengalami kegagalan seperti saya yang sudah 3 kali. Paling tidak setelah membaca ini jadi tau gambaran secara umum dan bisa berhasil ujian praktek SIM cukup sekali saja.

Secara umum untuk ujian praktek ada hal-hal yang perlu diperhatikan.

  1. Setiap mau belok pastikan untuk
    • Nyalakan lampu sein
    • Menepi ke kanan jika belok kanan, menepi ke kiri jika belok kiri
    • Tengok spion kiri, tengah kanan jika mau belok kanan, tengok spion kanan,tengah, kiri jika mau belok kiri
    • Tengok ke belakang sebelah kanan jika mau belok kanan, tengok ke belakang sebelah kiri jika mau belok kiri
  2. Berhenti sekitar 2 detik jika ada tanda “Tomare” Tomare Lalu tengok kanan dan kiri
  3. Berdoa sebelum dan sesudah ujian praktek

Ada baiknya anda tau rute jalan yang akan diujikan sehingga sudah hapal kapan waktunya belok atau lurus. Berikut rute ujian praktek SIM mobil di Fukuoka beserta poin-poin yang harus diperhatikan.

Peta Sim

Peta Sim

  1. Pada nomer 1 merupakan posisi start mobil. Sebelum memulai maka ada baiknya ucapkan salam pada pak Penguji. Misalnnya Konnichiwa. Sebelum masuk cek area sekitar mobil dengan cara berjalan di sebelah kiri,kanan lalu melihat dibelakang mobil. Sebelum membuka gagang pintu mobil tengok kiri-kanan. Setelah masuk cek spion tengah,kiri, dan kanan jika tidak sesuai dibetulkan. Cek tempat duduk mobil pastikan anda nyaman. Pasang sabuk pengaman. Nyalakan mobil. Pindah gigi mobil ke posisi D(Drive)
  2. Pada nomer 2 karena mau belok ke kanan, tengok sebelah kanan dan berhenti sebentar
  3. Karena pada nomer 4 kita bau belok ke kanan maka pada nomer 3 kita harus pindah jalur dari sebelah kiri ke kanan. Jangan lupa juga tengok spion kiri,tengah kanan dan kanan belakang
  4. Nyalakan lampu sein kanan dan belok ke kanan
  5. Lurus ikuti jalur sampai nomer 5 lalu belok kanan
  6. Pada nomer 6 ada rambu Tomare. Berhenti sebentar lalu tengok kiri dan kanan
  7. Setelah itu belok ke kiri ikuti jalur sampai nomer 7. Di sini ada jalan bentuk huruf L yang kecil. Jangan sampai ban keluar jalur atau mobil menyentuh batas
  8. Ikuti jalur sampai nomer 8 Disini juga tidak boleh menyentuh batas dan ban tidak boleh jatuh dari aspal
  9. Ikuti Jalur sampai nomer 9. Disini kita akan keluar rute dari tes ujian praktek
  10. Berhenti sampai warna palang besi yang diinstruksikan. Umumnya warna putih. Ujung mobil kira-kira pas pada warna putih

Berikut kira-kira panduan untuk ujian praktek mobil mudah-mudahan berguna bagi orang Indonesia dan lulus pada saat pertama ujian praktek. Jangan sampai 3 kali gagal.

Jan24

Leave a Reply