Si Mbah

Jepang

Terinspirasi dari judul blog istri saya Si Adek dan Si Mas maka saya membuat judul ini si Mbah. Mbah itu bahasa Jawa yang artinya nenek. Tapi kali ini saya bukan mau cerita tentang nenek saya tapi nenek Jepang yang biasa ngajarin saya bahasa Jepang setiap hari Selasa siang jam 13:00 – 15:00 di Nakasu Kawabata.

Pertama tau ada info kelas bahasa Jepang yang diadain oleh relawan atau bahasa kerennya volunteer dan bahasa lebih kerennnya (Jepang) adalah ボランティア borantia dari Rainbow Plaza di gedung IMZ. Dulu yang ngajar itu ganti-ganti terus kadang-kadang sama mas Maesono Sensei, kadang juga sama si Ibu (ngga tau namanya siapa). Trus karena pesertanya lama-lama berkurang dan sensei yang lain menghilang entah kemana jadinya saya belajar sama si Mbah sampai sekarang.

Si Mbah ini namanya Uchiki Junko (semoga ngga salah tulis) . Umurnya udah 80 thn. Anaknya ada 2 orang yang satu di Amrik Seatle, satunya lagi tinggal di deket rumahnya si Mbah. Rumahnya lumayan jauh dari Nakasu. Dari rumah sampai Nakasu makan waktu sejam naik bis.

Belajar sama si Mbah ini memang harus bersabar. Karena udah tua jadi dia kadang-kadang lupa. Pernah waktu itu kita udah belajar sampai bab 32, harusnya minggu depan si Mbah bawa materi bab 33 ekh malah bawa bab 32.

Pernah juga pas latihan soal malah jawab yang ngga sesuai grammar. Walaupun jawabannya benar. Jadi waktu itu lagi bahas grammar A nah si Mbah ini malah jawab pake grammar B. Abis gitu saya kasih tau kalo ini harus pake grammar A. Oh iya untuk menjelaskan grammar si Mbah ini agak kesulitan. Beliau bisa menggunakan grammar tersebut tetapi tidak bisa menjelaskan, alhasil saya harus nebak-nebak maksud dari grammarnya apa dan waktu pemakainnya kapan.

Si Mbah ini bilang terus kalo saya harus rajin-rajin belajar bahasa Jepang biar cepet jago. Bahkan beliau juga membantu mendapatkan kerja part-time supaya bisa dapat uang dan bisa latihan bahasa Jepang. Akhirnya saya sudah bekerja part-time sebagai tukang koran setiap hari pada pagi dan sore hari.

Yap sekian dulu curhatan dari saya. Mohon doanya supaya belajarnya lancar. Amiin…

Oct13

Leave a Reply