Membuat SIM mobil di Jepang

Jadi ceritanya hari ini saya ijin untuk tidak ngoran sore untuk membuat SIM mobil. Mobilnya sih belum punya tapi paling ngga udah persiapan bikin SIM mobil biar bisa beli mobil. kayaknya sih syarat untuk bisa beli mobil itu harus punya SIM dulu. Pengalaman dulu pas beli motor juga gitu. Mau beli motor harus nunjukin SIM motor.

Lokasi tempatnya masih di daerah Fukuoka. Nama halte bis-nya adalah Jidosha Menkyo Shikenjo-mae. Kalo naik bis dari stasiun Hakata bisa naik nomer 65,67,50. Bayarnya 400 Yen. Oh iya loket buat bikin SIM untuk orang asing cuman buka setengah jam dari jam 1 sampe jam 1:30 siang.

Adapun persyaratan dokumen untuk bikin SIM adalah.

1.Jyuuminhyou atau surat penduduk. Bisa diambil di Stasiun Hakata atau di kantor tempat anda tinggal. Isi dari Jumensyo adalah Nationality, Status of residence dan Period of stay. Biaya untuk ngeprint adalah 300 Yen

2. Residence card dan passport

3. Translasi SIM Indonesia dan SIM asli. Untuk translasi bisa dilakukan di kantor JAF di daerah Muromi bayar nya 3000 yen. Cukup bawa SIM asli aja kesana.

4. Formulir pendaftaran SIM dan kuesioner. Semuanya tersedia di kantor tempat bikin SIM. Untuk yang kuesioner jawab semua pertanyaan dengan iie(いいえ) .
Berikut contoh formulir bagian belakang.
belakang
dan ini bagian depannya
depan

Pada bagian belakang jawab semua pertanyaan dengan nai(ない)

5. Foto 3 x 4 sebanyak 2 lembar.

6. Makan siang,cemilan,minum bacaan dll. Mengingat waktu nunggu yang sangat lama barang2 tersebut dibutuhkan untuk mengisi waktu nunggu panggilan.

Kesimpulannya adalah hari ini saya tidak berhasil mendapatkan SIM mobil yang saya inginkan. Jadi ternyata prosesnya yaitu hari pertama untuk mengumpulkan berkas dan mengecek semua berkas. Kalo OK semua berkas akan dikemabalikan. Hari berikutnya baru ujian tulis dan praktek. Jam 1 siang ngumpulin dokumen, jam 4 sore dokumen dikembalikan. T.T

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website