Membuat surat ijin part time di Jepang

Jepang

Beberapa waktu yang lalu Alhamdulillah sudah dapat kerja part-time di salah satu studio foto di daerah Tenjin Minami 天神南. Info tersebut saya dapatkan dari mantan gebetan saya yang dulu bekerja part-time disitu juga. Hohoho…. Pesan moralnnya adalah silakan anda tebar jaring dimana-mana biar dapet kenalan dimana-mana juga.

Nah.. karena saya adalah warga negara Indonesia yang baik yang kebetulan numpang hidup (makan, mandi, nyuci, eek, tidur dll) di negara Jepang maka saya harus mengurus ijin untuk kerja part-time(アルバイト)。Peraturan kerja part-time di Jepang adalah maksimal 28 jam selama seminggu. Nanti setelah mengurus ijin kerja part-time akan dikasi stiker di paspor yang menunjukan bahwa anda diijinkan untuk kerja part-time.

Berikut saya kasi tau cara ngurus ijin part-time di Fukuoka. Kenapa Fukuoka? Ya karena gw tinggal di Fukuoka. Kalo gw tinggal di Tokyo baru gw kasi tau cara ngurus di Tokyo. Gitu aja kok repot (Ngomong ala alm Gus Dur). Oke langsung aja jadi begini caranya

1. Siapkan dokumen
a. Formulir aplikasi bisa didownload disini http://www.moj.go.jp/content/000099659.pdf atau bisa juga ambil di TKP
b. Paspor

2. Ke kantor Imigrasi Fukuoka ada di bandara domestik Fukuoka terminal 3. Tempatnya ada di paling ujung. Ngga usah takut nyasar ada petunjuk arahnya disana.

3. Isi formulir (lihat poin 1).

4. Ambil nomor antrian. mesin nomor antrian ada di meja information center. Kalo dari pintu masuk ada di sebelah kiri.

5. Masukin aplikasi dan paspor ke loket nomer 1. Tentu saja kalo nomor antriannya udah dipanggil. Jangan sampe main serobot aja langsung masukin. Ingat budaya Indonesia yang jelek jangan dibawa-bawa ke Jepang. Biarlah jadi kenangan masa lalu.

6. Tunggu namanya dipanggil trus kalo udah biarkan si mbak/mas petugas ngomong pake bahasa Jepang. Tiap dia selesai ngomong sesuatu tinggal bilang “haik” はい atau “wakarimashita” 分かりました. Kalo dia udah capek ngomong tinggal bilang Arigatou ありがとう。Trus cabut deh sambil bawa paspor yang udah ditempelin ijin part-time

7. Pulang deh kerumah tumpangan masing-masing. Oh iya kalo mau “jajan” tunggu malem dulu ya. Biasanya sih di daerah Nakasu.

Oh iya biasanya gaji kerja part-time ini ngga banyak-banyak sekitaran 750-1000 Yen perjam. Tapi lumayan lah kalo buat “jajan” mah.

Berikut sekilas inpoh dari saya jangan lupa cendolnya gan. Selamat “jajan” ekh selamat bekerja part-time.

Apr18

Leave a Reply