Iqra bacalah

Dalam Islam, wahyu yang diturunkan nabi Muhammad adalah perintah untuk Iqra=membaca. Dalam Al Qur’an terdapat ratusan ayat yang meme-rintahkan manusia agar melihat. memperhatikan. memikirkan. merenungkan dan perintah-perintah yang semakna dan in-heren dengan perintah “membaca”. Secara umum membaca bisa di artian untuk belajar. Belajar disini tidak hanya belajar Alquran dengan membaca ayat-ayatnya tetapi juga belajar dalam segala hal. Hal yang mau saya fokuskan disini adalah belajar/membaca informasi tentang beasiswa.

Mungkin banyak diantara kita (saya juga termasuk) dalam mencari tahu soal beasiswa langsung bertanya pada penerima beasiswa. Contohnya adalah “Kak gimana sih cara dapet beasiswa?”, “Apa saja syarat-syaratnya?”, “Apakah ada jurusan X?”. Pertanyaan tersebut kemungkinan besar keluar dari orang yang tidak mau membaca. Padahal di era teknologi informasi yang sudah secanggih ini, informasi tersebut bisa didapatkan melalui Internet. Semua sudah ada pada website pemberi beasiswa atau website kampus.

Jika seseorang selalu bergantung pada orang lain, maka orang itu akan selalu bergantung pada orang lain pada hidupnya. Jika orang yang dapat diandalkan tidak ada, maka orang tersebut akan panik dan tidak tahu harus berbuat apa. Namun ketika sesorang mampu mengatasi masalah dirinya sendiri, maka orang tersebut satu langkah lebih maju daripada orang yang berada diatasnya.

Dalam hal pencarian beasiswa ada beberapa hal yang memang harus bertanya langsung kepada senior penerima beasiswa. Misalnya untuk menulis essay Motivation letter/Statement of purpose/Research Proposal. Dalam penulisan essay bisa dimulai dengan memperhatikan poin-poin apa saja yang ada dalam essay tersebut lalu mencontoh essay yang sudah ada di Internet sebagai perbandingan. Meminta bantuan untuk mengoreksi essay adalah langkah terakhir yang ditempuh.

Kesimpulannya adalah cari tau sendiri dahulu sebelum bertanya pada orang lain. Ingat Membaca dan belajar. Jangan sampe belum usaha apa-apa udah tanya orang. Cukup sekian curhatan saya kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua.

*Sepertinya akhir2 ini tulisan saya terlihat terlalu serius, mungkin saya harus banyak belajar pada senior saya.

Feb07

Leave a Reply