Perpanjang paspor

Daripada magabut ngga jelas. Mendingan ngisi kegitan dengan nge-Blog. Sudah seminggu terakhir ini saya magabut(Makan Gaji buta) ga tau mau ngapain akhirnya nge-Blog deh.

Sekarang gw mau coba-coba nulis ngurus perpanjang paspor. Berhubung paspor gw mau abis. Sebenrnya masih 8 bulan lagi sih. Tapi biarin aja deh ngurus duluan daripada nanti kelupaan trus expired, ngga jadi berangkat ke Jepang deh gw.

Sekarang pihak Imigrasi udah agak lebih maju dengan menyediakan pengurusan paspor secara online. Dulu pas gw bikin paspor tahun 2009, gw harus dateng selama 3x. pertama ngirim dokumen, kedua wawancara, ketiga ngambil paspor. Nah berhubung udah pake cara online datengnya cuma 2x aja.

Pertama-tama masuk ke website Imigrasi http://www.imigrasi.go.id, trus klik banner bikin paspor online yang akan dalamatkan ke https://ipass.imigrasi.go.id/

Isi semua data secara lengkap. Trus pilih tanggal kedatangan ke Imigrasi untuk wawancara. Pada waktu itu gw pilih ke Imigrasi Jakarta Timur. Karena searah sama kantor gw.

Print pembayaran yang diberikan setelah daftar online ke Bank BNI.

Simpan bukti pembayaran dari bank BNI untuk dibawa pada saat wawancara dan pengambilan paspor.

Datang untuk wawancara dengan membawa dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti KK,KTP,Akta Lahir, Paspor lama. Semua di foto kopi sekali saja. Jangan lupa bawa juga yang aslinya untuk ditunjukkan pada saat wawancara. Oh iya datengnya pagi-pagi ya soalnya kalo siang antrinya panjang banget. Pengalaman gw waktu itu dateng jam 9 pagi trus selesai wawancara jam 2 siang.

Datang 3 hari kemudian dari hari wawancara untuk mengambil paspor dengan membawa bukti pembayaran paspor bank BNI. Pada saat ini datang juga pagi-pagi soalnya ngantrinya panjang. gw waktu itu dateng jam 9 kurang trus dapet paspornya jam 10:30….

Dec22

Leave a Reply