Jalan-jalan ke Pahawang

lama ngga ngeblog. terakhir ngeblog udah 2 bulan lalu. bulan Oktober. Sekarang mau tulis-tulis kegiatan hari sabtu minggu kemaren jalan-jalan ke pulau Pahawang. Pulau Pahawang ini lokasinya di Lampung pulau Sumatra. yang mau tau lokasinya bisa dilihat disini

Perjalanan di mulai dari Pelabuhan Merak. dikarenakan kita berangkat rame-rame dan lokasi kantornya menyebar ke seluruh Jakarta, jadinya berangkat ke Merak misah-misah. Saya berangkat dari Pulogadung. Dari Pulogadung naik bis Arimbi ke Merak dengan ongkos 30rb/orang. Sampai di Merak beli tiket ke Bakauheni dengan harga 15rb/orang. Perjalanan Merak-bakauheni memakan waktu 2.5jam. Dari Bakauheni dilanjutkan dengan naik mobil sewa ke arah Dermaga ketapang selama 3 jam. nah dari Dermaga Ketapang perjalanan dilanjutkan dengan kapal kecil ke Pulau Pahawang. Namun sebelum sampai Pahawang, kita snorkeling dulu. Selesai Snorkeling, kita mampir ke pulau Pahawang kecil. Disini pantainya bagus dan ada jembatan alami ke pulau Tanjung Putus. jembatan ini keliahatan jika air sedang surut. Oh iya ternyata pulau Pahawang kecil ini dikelola oleh warga asing dari Prancis.

Ketika pulang menuju Ketapang dari Pulau Pahawang besar jangan lupa mampir ke Pulau Kelagian. Nikmati pasir dan foto-foto disana juga lumayan.

Rencana awal kita hanya 2 hari di pulau Pahawang pada hari sabtu dan minggu. Tapi ketika sampai disana rencana berubah. Di pulau Pahawang hanya sehari saja, hari minggu dilanjutkan ke Teluk Kiluan dimana lumba-lumba pada bersarang (emangnya semut).

Penginapan di Pahwang Besar

Akses menuju teluk Kiluan lumayan sulit. Jalannya sebagian besar rusak. Waktu tempuh dari dermaga Ketapang sampai Teluk kiluan memakan waktu 3 jam. Sampe disana, ternyata eh ternyata lumba-lumbanya udah pada pergi. Mungkin mereka lapar jadinya pergi ke tengah laut buat nyari ikan bakar. Pada akhirnya kita memutuskan untuk ke pulau Kiluan. Pulau kiluan ini pulau kecil terletak ditengah Teluk Kiluan. pasirnya putih dan bagus.

Pulau Kiluan

Secara keseluruhan snorkeling di daerah sekitar pulau Pahawang cukup bagus.pasirnya yang putih menambah pesona Pulau Pahawang menjadi lebih bagus. Sayangnya popularitas pulau pahawang masih kurang, Hal ini terlihat dari jumlah penginapan/homestay di pulau Pahawang besar masih sedikit.

Bintang Laut

Buat yang mau tau rincian biayanya bisa dilihat dibawah ini

Pulau Pahawang

kapal Merak-Bakauheni 15.000
Kapal Bakauheni-Merak 15.000
HomeStay Pulau Pahawang Besar 550.000
Sewa kapal 2 hari 1.000.000
Sewa alat snorkeling 80.000
Ikan Bakar 60.000
Sambal dan Kecap untuk Ikan Bakar 14.000
Uang kebersihan Pahawang Kecil 20.000
Tiket pulau Kelegian 3.000

Pulau Kiluan

Kapal Teluk Kiluan-Pulau Kiluan 15.000
Tiket Pulau Kiluan 5.000
Sewa Mobil 2 hari 1.500.000

Buat yang butuh kontak supir+mobil dan sewa kapal bisa hubungin gw. Oh iya pak Supirnya ini jago nyetir loh. kalo ngga jago selip-selip dijalan lama sampenya kita.

pahawang kecil

Dec02

4 Responses to “Jalan-jalan ke Pahawang”

  1. Bang ane butuh mobil + kapal buat ke Pahawang tanggal 24 nih
    info dong
    thanks

  2. bang gw minta cp supir + mobil dr bakauheni ke ketapang dong

Leave a Reply