Untitled aja deh

Lama ngga ngeblog sekarang tiba-tiba pengen ngeblog yang temanya agak religius dan serius. padahal saya juga orangnya masih jauh dari ajaran agama. Trus tiba-tiba kepikiran tentang salah satu ayat di Al quran QS. adz-Dzariyat: 56 yang bilang begini.

Tidaklah Kuciptakan jin dan manusia kecuali supaya mereka beribadah kepada-Ku.


Jadi kalo diperhatikan dari penggalan ayat diatas. Tuhan menciptakan manusia dan Jin untuk menyembah-Nya. Gw berkesimpulan kalo ini itu sama seperti konsepnya Give and Take kalo didalam kehidupan sehari-hari. jadi Tuhan sudah memberikan(give) manusia kehidupan, rejeki, nasib dll… Jadi sudah seharusnya manusia itu memberikan timbal balik kepada Tuhan untuk selalu beribadah kepada-Nya. Nah nanti kalo ada iming2/janji Tuhan untuk masuk kedalam Surga atau Neraka ya itu bisa dianggap sebagai bonus.

Alm Chrisye pernah nyanyi tentang surga dan neraka juga loh.. Judulnya “Jika Surga Dan Neraka Tak Pernah Ada” Berikut penggalan dari lagu tersebut

Jika surga dan neraka tak pernah ada
Masihkan kau bersujud kepada-Nya
Jika surga dan neraka tak pernah ada
Masihkah kau menyebut nama-Nya

Yang mau lihat lirik lengkapnya bisa dilihat disini . Nah di lagu tersebut juga bilang kalo manusia memang harus menyembah/beribadah pada Tuhannya karena memang manusia itu ciptaan-Nya dan harus ikhlas untuk selalu beribadah tanpa ada syarat apapun. Misalnya manusia beribadah karena pengen masuk surga. Pikiran tersebut memang wajar, tapi sebaiknya beribadah karena memang harus beribadah. (waduh koq bahasanya tambah susah ya) Intinya gitu deh pokoknya manusia itu harus beribadah ga boleh pake alesan apapun.

Kesimpulannya ya gitu deh intinya give and take. Tapi kalo yang ini Give and Take dalam agama. Hehe.. Kalo ada yang punya pendapat beda lagi. Monggo dikasi tau ke saya yang amatiran dalam hal agama ini. Atau kalo bahasa saya di blog ini susah dimengerti bisa nanya-nanya ke saya.

Oct09

3 Responses to “Untitled aja deh”

  1. kalo give and take, ya kita jadinya ngutang dong sm Allah.. 😛
    kan banyakan yg kita terima daripada yang kita beri
    ada ayat yang mana tuh, yang bilang kalau “Allah telah membeli kita dengan bla3”, dan “perdagangan yang tidak akan rugi adalah bla3” gt2..
    dan berhubung memang kita sudah dijanjikan surga apabila timbangan kebaikannya lebih banyak, beribadah karena alasan pgn masuk surga itu gapapa.. tp yg beribadah karena ingin ridho-Nya (apa yg karena bersyukur semata ya kalo ga salah inget) tingkat imannya lbh baik..
    *karena tingkat keimanan seseorang itu berbeda2

    ehehe, jadi panjang
    kyknya aku mesti belajar2 lagi

  2. Kalo give and take sama orang berarti boleh ya.

  3. Intinya pengendalian diri mas dana..

Leave a Reply