Panduan instalasi Django di Windows

Django

Mumpung masih fresh dipikiran dan blom lupa. Mau masukin dokumentasi instal django dari Windows. Supaya kalo sewaktu-waktu lupa tinggal buka blog. Ya memang blog ini tujuannya ya itu sebagai dokumentasi online dan curhatan sampah sebenernya.

Baiklah langsung mulai saja. Django adalah web framework berbasis bahasa pemrograman Python. karena berbasis pemrograman python maka hal yang pertama dilakukan tentu saja harus menginstal python. Python bisa di download dan di Instal melalui situsnya langsung http://www.python.org. Saran saya sebaiknya instal versi 2.7x yang lebih stabil. Setelah instalasi selesai jangan lupa set Path python supaya bisa dijalankan dari direktori manapun di windows. Caranya adalah ke Mycomputer->properties->set Environment variables. Klik Edit Path lalu tambahkan direktori python kedalam path. Contoh direktori python saya adalah C:\Python27. Sekarang coba cek apakah set Path yang dilakukan sudah benar atau belum. Ketik Python di dalam command prompt. Jika muncul versi python berarti sudah benar namun jika yang muncul adalah “python is not recognized as internal or external command”

Langkah selanjutnya adalah install django. Langsung aja download dulu dari situsnya Django http://djangoproject.com. Setelah di download lalu tempatkan pada direktori yang gampang diakses mislanya drive D:.

Masuk ke direktori Django melalui command prompt ke D:\Django. lalu jalankan perintah python setup.py. Python akan melakukan instalasi django ke dalam library python. Jika sudah berhasil maka kita bisa mengecek apakah django sudah terinstal atau belum dengan cara masuk ke program python dan ketik kode dibawah ini.
>>> import django
>>> print (django.get_version())
Jika berhasil maka akan muncul versi django yang digunakan(Saya menggunakan versi 1.7)

Langkah selanjutnya adalah create project menggunakan django. Untuk selanjutnya kamu bisa ngikuti tutorial django di websitenya langsung https://docs.djangoproject.com/en/1.6/intro/tutorial01/

Hello World

Hello World

Jul18

2 Responses to “Panduan instalasi Django di Windows”

  1. namun jika yang muncul adalah “python is not recognized as internal or external command”… ??? ini gimana kelanjutannya gan. ?

    • Itu berarti directory python blom di set di PATH environment variables. Untuk Windows masuk ke start menu lalu search environment variables->pilih PATH lalu tambahkan directory python misalnya D://python/bin

Leave a Reply