Tes tulis monbukagakusho 2015

Mencoba mengingat-ingat kembali tes tulis beasiswa Monbukagakusho untuk keberangkatan 2015. Tes tulis bagi yang mengambil di jakarta akan dilaksanakan di Auditorium pusat studi Jepang UI (Universitas Indonesia).

Pada tes tulis ini akan diujikan 2 macam soal yaitu bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Fokuslah pada bahasa inggris karena nilai tertinggi yang akan diambil. Misalnya nilai ujian bahasa inggris kamu 80 sedangkan bahasa Jepang cuma dapet 20. Maka dipilih salah satu nilai yaitu bahasa inggris. Soal bahasa Jepang diisi aja seadanya walaupun ga bisa.

Asumsi saya dulu nilai 2 soal itu akan digabungkan tapi ternyata tidak.

Tes tulis untuk bahasa Inggris ada 5 bagian
Bagian 1 pilihan ganda Isinya mirip sama TOEFL ITP tapi fokus di Vocab
Bagian 2 sama seperti bagian 1 tapi hanya fokus di grammar.
Bagian 3 disuruh memilih kalimat yang salah dari sebuah paragraf. Kalo di TOEFL ITP itu memilih salah satu kata, kalo yang ini memilih kalimat. menurut saya bagian ini yang agak susah.
Bagian 4 yaitu mengisi kata yang kosong dari sebuah bacaan. Tips saya banyak-banyakin vocab kamu
Bagian 5 yaitu reading. Reading ini sama seperti reading di soal ujian bahasa Inggris

Soal bahasa Jepang banyak yang nyerah. Teman sebelah saya cuma menulis identitas di lembar jawaban setelah itu langsung keluar. Pengumuman hasil ujian bisa dilihat 2 minggu setelah tes. Bagi yang lolos ujian akan diminta untuk mencari LoA (Letter of Acceptance).

Jul17

Leave a Reply