Berawal dari sini

Berawal dari keinginan buat ngambil Master lagi di bidang data mining melalui beasiswa Erasmus Mundus. Karena memang dari awal beasiswa yang kepengen banget ya itu itu. Alasannya adalah bisa jalan-jalan gratis. Tiap semester itu pindah-pindah kampus. Negaranya yaitu Romania, prancis, Italia dan Spanyol. Cuma berhubung iseng-iseng daftar di Korea, ekh malah dapet beasiswa kesana. Gpp lah Tuhan pasti punya rencana di balik ini.

Skip-skip waktu kuliah udah hampir 2 tahun yang artinya bentar lagi lulus nih. Nah sebelum lulus pengen daftar Erasmus Mundus lagi maka gw ngambil tes IELTS lagi deh. secara IELTS gw dah expired gitu loh. Semua dokumen udah disiapin : motivation letter,paspor, ijasah, transkrip, sertifikat IELTS dan daftar online. Ternyata eh ternyata semua berubah ketika negara api menyerang. Semua berubah karena ternyata dealine aplikasi sudah lewat. #nasib.

Bingung mau ngapain lagi, ada temen yang nyaranin kuliah S3 aja di Jepang. Okelah ngga ada salahnya di coba. Beasiswa yang jadi target yaitu Monbukagakusho, beasiswa dari pemerintah jepang. Lebih lanjut infonya bisa dilihat disini . Beasiswa ini jenisnya macem-macem
ada research student (S2,S3), Undergraduate (S1), College of Technology (D3), Professional training college (D2), teacher training dan Japanese studies.

Yang enak dari beasiswa ini disamping dari uang bulanan yang besar juga terdapat training untuk belajar bahasa jepang. Training bahasa Jepang selama 1 tahun untuk S1,D2 dan D3, sedangkan untuk research student hanya 6 bulan saja. Oh iya research student dibagi jadi 2 ada yang G to G dan U to U. U to U memerlukan kerjasama antara Universitas di Indonesia dengan di Jepang. Sedangkan G to G tidak perlu. Jadi buat loe yang lulusan dari kampus elek macam kampus gw cuman bisa daftar melalui G to G. (sedihnya).*garuk-garuk tanah.

Jul02

Leave a Reply