Perjalanan 2013

Tahun 2013 sudha berlalu,banyak hal yang menyenangkan maupun yang kurang menyenangkan. Saya berusaha mengingat-ingat apa saja yang terjadi di 2013 dan harapan saya di tahun 2014 ini. Berikut beberapa kejadian dalam beberapa kategori seperti akademik, percintaan, jalan-jalan dan keuangan.

1. Akademik
Well, menurut saya 2013 merupakan prestasi akademik yang terbaik dari saya. Beberapa paper hasil riset saya berhasil saya presentasikan dalam beberapa conference dan beberapa jurnal baik domestik maupun internasional.

Tiga buah domestik paper (baca:paper sampah) sudah berhasil saya presentasikan di periode Spring dan Fall 2013. Berkat salah satu domestik paper tersebut itulah untuk pertama-kalinya saya bisa jalan-jalan di Pulau Jeju.

Pada bulan Oktober untuk pertama kalinya paper saya diterima dan berhasil di presentasikan di sebuah International Conference di Malaysia. Paper tersebut juga mendapatkan award berupa outstanding paper. Walaupun mendapat award tapi menurut saya pemberian award tersebut tidak terlalu kompetitif.

Pada bulan Desember saya mencoba untuk mengirimkan Jurnal Internasional di dalam International Journal of Software Engineering and its Application. Status sampai saat ini Jurnal tersebut sudah di terima dan akan diterbitkan pada bulan Februari 2014.

Saya juga mengirimkan dua buah Jurnal domestik. Yang pertama saya kirimkan pada bulan Maret 2013 dan sudah diterbitkan pada bulan September. Jurnal tersebut merupakan project lab yang saya tulis dan dibentuk menjadi sebuah Jurnal. Di penghujung tahun 2013 saya mengiriman domestik Jurnal yang juga merupakan tesis saya. Jurnal tersebut merupakan Jurnal dari kampus saya sendiri.

Kesimpuannya tahun 2013 ini merupakan puncak prestasi akademik dengan dibuatnya beberapa paper hasil riset seperti dibawah ini.

  • Domestic Conference
    1. Fall SMA Conference 2012
    2. Spring SMA Conference 2013
    3. Fall SMA Conference 2013
    4. KIISE Fall Conference 2013
  • International Conference
    1. SMA(Smart Media Application) International Conference 2013
  • International Journal

    1. International Journal of Sofware Engineering and Its Application
  • Domestic Journal

    1. International Journal Of Content
    2. CNU Journal

Publikasi yang sudah saya buat memang tidak begitu bagus namun saya berusaha menjadi seorang peneliti selama saya menjalani pendidikan master di Korea walaupun menjadi seorang peneliti kurang begitu saya sukai.

2. Pecintaan

Kisah percintaan saya di 2013 ini tidak begitu bagus. Semua kasus mengalami missmatched. Dari pengalaman tersebtu saya sudah mendapatkan solusinya namun belum bisa mengimplementasikannya.

3. Jalan-jalan

Di tahun 2013 ini saya berhasil mencapai target saya yaitu pergi jalan-jalan ke Jepang. Pertama kali pergi ke Jepang pada bulan Maret 2013 ditemani dua orang teman saya Fahmi dan Budi. Setelah perjalanan pertama tersebut saya berniat untuk ke Jepang lagi sebelum saya meninggalkan Korea. Alhamdulillah atas ijin Allah saya bisa kesana lagi pada bulan akhir Desember sekaligus merayakan Tahun Baru 2014 di Jepang.

Perjalanan domestik saya juga cukup menyenangkan. Beberapa tempat yang sudah saya kunjungi yaitu: Ansong, DMZ, Busan, Suncheon dll.

4. Keuangan

Di tahun 2013 ini keuangan saya mencapai hal yang paling buruk. Beasiswa saya di Korea terpotong menjadi 50% karena beberapa sebab. Stres dan bingung sudah pasti melanda saya. Kebutuhan untuk membayar biaya kuliah dan biaya hidup yang terbilang mahal tidak akan bisa tercukupi dengan jumlah beasiswa yang saya dapat. Namun lagi-lag syukur Alhamdulillah Tuhan memberikan rejeki secara tidak terduga. Saya berhasil mengerjakan proyek Pemilu, mengajar bahasa Indonesia untuk orang Korea, dan mengajar bahasa Inggris di UT Korea. Sehingga pada akhirnya saya bisa memenuhi kebutuhan hidup dan membayar biaya kuliah.

Pada akhirnya di tahun 2013 ini merupakan tahun yang menyenangkan buat saya. walaupun ada beberapa target saya yang belum tercapai. Di tahun 2014 ini saya mengharapkan paspor saya yang masih banyak kosongnya dapat terisi penuh sebelum paspor saya habis. Yang artinya saya harus lebih banyak jalan-jalan lagi. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website