apa itu passion

Gara-gara gw suka mantengin Young On Top Metro TV jadinya gw kepikiran buat mikir setelah gw kuliah itu gw mau ngapain. Ini pertanyaan terbesar dalam hidup gw sebenernya. Gw sendiri blom menemukan jawabannya. Malah gw sempet nanya ke nyokap gw, yang gw suka itu sebenrnya apa sih? trus beliau jawab. “Ibu juga ngga tau, yang tau kan kamu sendiri”. Gw sudah menanyakan pertanyaan bodoh. :facepalm. “Udah kamu cari sendiri kalo udah ketemu baru telpon lagi”.

Jadi menurut orang2 sukses yang di liput di Young On Top, mereka tau apa yang mereka suka, dan itu merupakan passion dia. Contohnya si Founder Google, Brin dan Page mereka udah tau yang mereka suka di bidang komputer dan mereka menekuni bidang tersebut sampe kuliah, begitupun si Bill Gates. Contoh lain dari Indonesia si Fouder Kaskus, dia tau apa yang dia suka dan itu merupakan passion mereka. Jadi passion itu bsa di bilang sesuatu yang lo suka dan lo menekuni hal tersebut. Sebenernya hal ini beda2 tipis sama yang namanya hobi. Gw pun ngga tau apa perbedaannya.

Masa kecil gw, gw abisin sama kaya anak2 lain main game, maen bola dll. begitu gw masuk SMP gw udah mulai tertarik sama yg namanya komputer, malahan waktu itu pelajaran komputer gw waktu SMP sempet dapet nilai 8. pas masi SMA gitu juga, gw suka utak-atik sendiri di bagian hardware komputer. waktu itu gw udah bisa ngerakit dan instal komputer dengan sistem operasi windows 98. Nah setelah itu gw memutuskan buat kuliah di jurusan komputer yaitu Teknik Informatika. Nah keadaan gw disini udah mulai berubah, semenjak gw belajar yang namanya bahasa pemrograman, ternyata susah abis. Setelah itu gw udah mulain males yang namanya utik2 komputer lagi. parahnya lagi sampai semester 6 itu gw ngga ngerti yang namanya perulangan atau loop dalam bahasa pemrograman pascal. *capekdeh* cuman berhubung gw harus bikin penulisan ilmiah maka gw kebut lah itu belajar bahasa pemrograman dalam waktu 6 bulan.

Jadi intinya pengendalian diri. ekh salah. Jadi intinya passion lo itu apa. kalo lo udah mulai mikir tentang passion lo itu apa itu artinya lo itu peduli. Ngga cuma lempeng atau lurus mulus kaya paha cherrybelle. Pokokna lo itu kalo udah mulai mikir apa passion lo itu berarti lo udah setingkat lebih maju. lo udah mulai peduli pada diri lo sendiri. mulai memikirkan apa yang akan terjadi di masa depan.

Menurut Rene penulis Your job is not Your Career. untuk mencari passion itu ada 4 kata “garuk gatel lo sendiri”. jadi kalo lo gatel ya garuk sendiri. cuman elo yang bisa merasakan dimana lo ngerasain gatel. Passion itu perlu buat nyari tau gatel lo itu dimana. Passion itu bukan apa yang lo pikirkan tetapi apa yang lo rasakan. rasakan passion itu pake hati bukan pake otak. Passion itu produk hati dan bukan produk pikiran. Kalo lo nanya ke gw. “passion gw itu apa?” sama aja lo nanya ke gw “makanan kesukaan gw itu apa?”. Untuk nyari passion itu coba rasakan kegiatan apa yang bikin lo seneng dan ngga bakal ngeluh.

Opini gw sih nyari passion itu susah2 gampang. Coba lo inget2 masa kecil lo, apa yang bikin lo seneng. kalo semua datar2 aja mungkin lo harus memperluas segala macam aktiitas supaya lo bisa nemu pasison lo itu apa dan dimana. gw sendiri sampe saat ini masih mencari passion gw. Gw juga menyadari bahwa aktifitas yang berhubungan sama komputer itu ngga begitu gw suka. Gw juga ngga tau kenapa nih smakin lama gw kenal deket sama yang namanya komputer semakin gw ngga suka. Dulu pas awal2 baru kenal gw semangat banget ngejar2.

2 thoughts on “apa itu passion

  1. Passion lo jalan2 sama download kan? :p

    Passion itu sesuatu yang lo nikmati dan secara ga sadar selalu lo lakukan, beda sama hobi yang emang sengaja lo cari waktu buat ngelakuinnya *pendapat gw* *sotoy*

    Good writing btw, kenapa contohnya paha mulus cherrybell bukan JKT48? takut dibilang pedo yah *ehh

  2. @atas gw selamat anda pertamax. Koq lo bisa tau gw seneng jalan2 sama donlod. gw sendiri aja ngga nyadar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website