Research Scholarship Chonnam National University

Bulan ini dari tanggal 2 April sampai 27 April kampus saya Chonnam National University akan membuka pendaftaran sebagai research scholarship.

Keuntungan yang didapat yaitu

1.Gratis biaya kuliah semester pertama
2.Gratis kursus bahasa korea sampai level 2
3.Gratis biaya dormitory (Refund)
4.Biaya hidup perbulan dari Prof (tergantung budget research Prof)

Adapun biaya yang tidak di tanggung adalah

1.Tiket perjalanan (saya beli tiket habis 2.3jt Air Asia).
2.Asuransi (120.000 KRW)
3.Visa (450.000 IDR)


Sekarang saya akan menjelaskan tata cara pendaftrannya

1. Hubungi calon prof/advisor anda. Bisa di download di halaman ini mediafire
2. Jika Prof sudah menerima bisa lanjut ke pendaftaran online disini (gunakan browser internet explorer)
3. Print hasil pendaftaran online dan dokumen yang diminta ke bagian international office.(alamat ada di website atau di link diatas)
4.Jangan lupa lapor ke pihak international office untuk memberitahu kalau kita di terima oleh Prof disini supaya bisa mengurus research scholarship
5.Tunggu keberangkatan sampai tanggal yang di tentukan. Selama menunggu keberangkatan saya sarankan tetap kontak dengan Prof.

Berdasarkan pengalaman teman2 disini. Research scholarship yang didapat sudah bisa dipakai untuk biaya hidup dan bayar kuliah sampai kuliah berakhir. Jadi jangan takut walaupun beasiswa yang didapat cuma 1 semester tetapi dari biaya hidup yang diberikan oleh Prof cukup besar (pada kasus saya, saya dapat 800.000 KRW/bulan). Biaya hidup tersebut bisa di tabung untuk membayar semester selanjutnya. Jika ingin mendapatkan tambahan uang, kita bisa menerbitkan paper dan ikut conference. Setelah paper bisa di terbitkan kita bisa mendapatkan insentif yang besarnya antara 100.000 KRW sampai 1.000.000 KRW.

Selama hidup disini saya menyarankan untuk memasak makanan sendiri. Selain karena lebih murah (saya cuma menghabiskan 150.000 KRW sampai 200.000 KRW perbulan) makanan yg dimasak juga terjamin halal. Jika memilih makanan di restoran di luar sana biaya lebih mahal dan makanan yang disajikan kebanyakan haram.

Selamat Berjuang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website