Cara membuat passport (online)

Buat anda yang mau keluar negeri passport ibarat KTP kita di luar negeri. Passport menunjukkan identitas kita seperti nama, asal negara dll. Pada kali ini gw mau kasih tau tata cara pembuatan passport.

Pengalaman saya membuat passport dulu adalah menggunakan cara manual yaitu datang ke kantor Imigrasi di Jakarta Timur. Pada saat ini sudah ada pelayanan pembuatan passport secara online yaitu dengan mengunjungi situs http://www.imigrasi.go.id


Cara pertama. Pembuatan passport dengan Online

  1. Masuk website http://www.imigrasi.go.id dan siapkan siapkan scancopy dalam format image (*.jpeg, *.gif, *.bmp, dan ukuran tidak lebih dari 2MB)
  2. Pilih menu “LAYANAN PASPOR ONLINE”
  3. muncul 2 (dua) menu antara lain “PRA PERMOHONAN yang berfungsi untuk melakukan pengisian form permohonan SPRI/paspor dan “STATUS PERMOHONAN untuk melakukan ricek/trace terhadap status permohonan.
  4. halaman informasi pemohon isi formulir yang tersedia, dan hal yang perlu diperhatikan adalah “KOLOM KANIM” yang merupakan tempat tujuan pembuatan paspor contoh : pilihan>Kanim Jakarta Timur, proses pembuatan paspor ditujukan di kantor Imigrasi Jakarta Timur > lanjutkan proses
  5. halaman alamat pemohon, isi formulir yang tersedia > lanjutkan proses
  6. Halaman pengisian dokumen/upload data > lanjutkan sampai dengan proses submit terakhir
  7. Simpan nomor registrasi sebagai bukti permohonan secara on-line.

Yang perlu di perhatikan adalah ketika anda sudah memilih kantor imigrasi Jakarta Timur maka anda harus memproses dokumen di Jakarta Timur juga.

Siapkan dokumen fotocopy berikut :

  • KTP (fotocopy harus dalam kertas A4, jangan dipotong!) dan KTP asli harus dibawa saat pendaftaran.
  • Kartu Keluarga
  • Akte Kelahiran / Ijasah
  • Bukti pendaftaran online (apabila memilih cara online)
  • Surat Sponsor perusahaan asli (apabila anda bekerja pada satu perusahaan)

Langkah pertama, membeli satu paket (Surat pernyataan permohonan, Sampul Paspor dan Map) sebesar Rp. 7000,- ,jangan lupa siapkan materai atau bisa dibeli di tempat fotocopy terdekat. Perlu diperhatikan di atas map dan beberapa formulir tertera nama Kanim tersebut. Misal Jakarta Timur, apabila anda membawa map tersebut ke Jakarta Timur maka anda diharuskan membeli map baru di Jakarta Timur.

Cek KTP dengan biaya sebesar Rp. 5.000,- (lakukan prosedur ini sebelum mengantri pendaftaran), lalu ambil dan isi formulir permohonan.

Mengantri untuk pendaftaran, saya sarankan antri dari pagi jam 8 supaya tidak menunggu lama untuk antrian. Antara proses manual dan online dibedakan loketnya. Saran saya pilih yang online saja karena jumlah antrian lebih sedikit.

Setelah berkas di verifikasi dan berhasil disetujui anda diberikan lembar jadwal wawancara. Tertera sekitar 3 atau 4 hari kemudian. Sebaiknya datang pada waktu dan jam yang sudah ditentukan di lembar jadwal wawancara.

- Kembali lagi setelah 3 atau 4 hari untuk wawancara dan bawa dokumen asli dari berkas-berkas fotocopy point 1-3 diatas.
- Serahkan bukti wawancara ke loket yg ditentukan.
- Lakukan pembayaran paspor, photo dan sidik jari sebesar Rp. 270.000,- untuk yang 48 halaman. Perlu diketahui saat ini paspor yang 24 halaman hanya sebesar Rp. 50.000,- namun menurut petugas hanya diperuntukkan bagi calon TKI saja.
- Antri untuk ambil photo dan sidik jari anda.
- Tunggu wawancara sesuai nomer antrian anda.
- Bila diterima maka anda akan diberikan surat pengambilan paspor di hari yang ditentukan

Nah selesai, langkah akhir tinggal datang kembali setelah melewati hari yang ditentukan untuk mengambil paspor, dan selamat anda telah berhasil menyelesaikan prosedur pembuatan paspor! Total biaya yang dikeluarkan untuk mengurus pasport adalah sekitar Rp. 282.000,-

tata cara pembuatan paspor bisa di download disini

22 thoughts on “Cara membuat passport (online)

  1. Thanks udah share pengalaman ini bro, BTW ada yang ingin saya tanyain. Kartu keluarga, akta kelahiran, dan ijazah yang harus diperlihatkan nanti itu apakah perlu yang ASLI atau boleh fotokopi-an saja? Fotokopi-an atau hasil scan atau keduanya? Terima kasih banyak! :)

  2. Apakah yang dimaksud dengan surat sponsor perusahaan? Seperti surat pengangkatan? Terima kasih

    • sponsor perusahaan yaitu surat keterangan bekerja di suatu perusahaan. Mungkin bisa dibilang surat pengangkatan karyawan.

  3. terimakasih utk infonya, sangat membantu sekali.. yg inging saya tanyakan apakah kanim tempat kita mengurus paspo harus di daerah/provinsi pembuatan KTP? terimakasih sebelumnya :)

  4. Kalau saya tidak bekerja atau wiraswasta (di ktp dan kk saya pekerjaannya wiraswasta) apa butuh Surat sponsor perusahan? Terus sebenarnya saya sudah pernah buat paspor tapi sudah expired sejak tahun 2009 tapi paspor saya itu sudah hilang. Apa yang harus saya lakukan? Apa ini cukup saya sampan kan saat wawancara saya? Thanks

    • maaf mbak saya tidak bisa menjawab pertanyaan ini. coba di tanyakan ke pihak imigrasi, tetapi menurut pendapat saya jika sudah pernah membuat paspor tidak harus membuat dari awal lagi. CMIIW.
      Untuk lebih jelasnya bisa di tanyakan langsung ke pihak Imigrasi

  5. Trimakasih sangat membantu sekali. Yg ingin saya tanyakan.saya punya ktp daerah A.saya baru memiliki anak dan belum buat kk.skrg saya di kota B.rencana saya mau buat paspor dgn menambah nama anak saya.bisakah saya buat kk di kota B dgn ktp A.lalu buat paspor di kota B juga ? Trimakasih jawabannya.

    • Maaf Ibu May mengenai pertanyaan ibu saya tidak bisa menjawab. mungkin bisa langsung ditanyakan ke pihak imigrasi di kota Ibu. menurut pendapat saya pribadi membuat paspor dimana saja bisa. Kota A maupun kota B sama saja.

  6. permisi,kalo saya sebagai pelajar,pekerjaan di isi “lainnya”?
    dan jenis pasport yang di pilih apa ya?tujuan saya hanya wisata,dan berjalan-jalan…terima kasih :)

    • iya sepertinya diisi lainnya. saya tidak menemukan perkerjaan pelajar di kolom perkerjaan. jenis paspor pilih yang biasa saja 48 halaman.

  7. Utk persyaratan akta kelahiran/ ijazah itu boleh pilih salah satu aja ya? Soalnya ijazah asli sy disimpan sm perusahaan tmpt sy krj. Thx :)

  8. Lalu identitas pilih yang mana? Ktp, nik atau arc? Karena saya baru punya kartu pelajar….

  9. Mau tanya : Kalo untuk anak umur 8th, kan belum ada KTP nya, waktu daftar Online yg diisi apa ya ? Atau harus Non-On Line ?
    Thanks

  10. diatas tertulis menggunakan akte atau ijazah..apakah pake ijazah sma juga bisa..?plis dibalas,trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>