Menambahkan tombol facebook like di wordpress

Facebook menyediakan fasilitas untuk menambahkan tombol facebook like ke website anda atau blog anda. Tombol like membuat pengunjung berbagi content dengan teman di facebook. Ketika user mengklik tombol like di website anda content tersebut akan tampil di teman user denagn link kembali ke website anda.

Ada 2 macam implementasi tombol like yaitu menggunakan XFBML dan Iframe. versi XFBML lebih sederhana tetapi membutuhkan javascript SDK. versi Iframe lebih mudah di implementasikan dengan cara mengcopycode HTML yang diberikan facebook melalui hasil generate yang ada di halaman facebook.Untuk menggunakan versi Iframe,generate code yang facebook berikan melalui halaman http://developers.facebook.com/docs/reference/plugins/like/. setelah itu masukkan parameter yang diberikan seperti url to like ,layout, show faces, dll.


Setelah mendapatkan kode hasil generate dari facebook edit file single.php dan masukkan kode html di tempat yang anda inginkan. jika anda ingin menampilkan dibawah post maka letakkan setelah fungsi . Akan tetapi jika anda ingin menampilkan diatas post maka letakkan kode html sebelum

Cara kedua dan gw rasa ini yang paling gampang yaitu menggunakan plugin dari wordpress. Ada banyak macam plugin social like button di wordpess diantaranya adalah:

  • Like – Plugin ini mendukung banyak bahasa, memberikan display option dan bisa ditampilkan diatas atau dibawah post, dihalaman atau di halaman depan. semua tergantung setting yang diberikan.
  • Facebook like button –  Plugin ini punya setting tampilan yang menarik yang bikin enak dilihat dan bagaimana button akan ditampilkan.
  • Facebook like button plugin – plugin ini mendukung kode pendek yang artinya anda bisa memilih post mana yang akan ditampilkan button like atau tidak

Plugin yang menurut saya paling bagus adalah facebook social plugin oleh Oliver Lussier. Mempunyai option standar facebook like button sama seperti plugin yang lain tetapi mempunyai widget yang mendukung facebook social plugin lainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website