Kampung Inggris Pare

pertama kali gw denger nama ini dari temennya temen gw. sebut saja temen gw namanya Ian.Dia pernah cerita katanya didaerah jawa timur ada desa/kampung yang dimana penduduknya ngomong bahasa inggris tiap hari. Tapi kenyataannya ga begitu. yang ngomong bahasa inggris terus yah murid-murid kursusan yag lagi belajar. kalo penjual warung,pedagang atau penduduk lokal yah tetep ngomong bahasa jawa. si Ian cerita katanya temennya itu ngga bisa bahasa inggris sama sekali, abis gitu sama bokapnya disuruh belajar di kampung inggris. setelah belajar selama kira2 4 bln omongan bahasa inggrisnya jadi lancar bgt. berdasarkan cerita dari temen gw tadi makanya gw penasaran trus pengen coba. secara bahasa inggris itu penting banget buat macem2 bisa buat sekolah, kerja … dll

Kampung Inggris terletak di Kabupaten Kediri,Kota Pare, desa tulung rejo. untuk bisa kesini anda bisa baca postingan gw sebelumnya :senang: .

Sebenernya alasan pertama gw dateng ke pare karena gw pengen refreshing. gw udah jenuh sama pekerjaan gw jadi programmer yang memeras otak.Alasan kedua yaitu pengen belajar speaking secara intensif. sebenrnya bahasa inggris gw bisa di bilang cukup.terakhir gw tes TOEFL gw dapet skor 480 dan skor IELTS gw 6.sebelumnya gw udah pernah kursus bahasa inggris di jakarta dan bekasi, tapi skill gw cuma naik dikit aja. karena itu gw putuskan untuk belajar di Pare karena intensitas belajarnya lebih banyak daripada kursus di jakarta yang cuma 1 minggu 2 @2jam.

Tempat kursus di Pare ini terbagi menjadi 2 program waktu yaitu program 2 minggu dan 1 bulan. waktu mulai belajarnya  juga terbagi menjadi 2 yaitu tiap tanggal 10 dan 25 setiap bulan. untuk program 1 bulan di setiap program belajarnya biasanya terdapat main class dan study club. dari namaya aja udah ketahuan kalo main class itu kelas utama dan study club itu klub belajar. Untuk transportasi disini biasanya anak-anak kursusan menyewa sepeda. harga sewa sepeda antara 40rb-50rb yah pinter-pinter nawar juga sih. untuk tempat tinggal biasanya anak-anak kursus ada yang  ngambil kost dan asrama.kost dan asrama juga ada yang english area ada juga yang ngga. disarankan ngambil kost/asrama yang english area dan ada program study clubnya. untuk kost dan asrama harga sewa perbulan bervariasi dari 70rb-150rb tergantung fasilitasnya. malah saya denger-denger ada yang sampe 400rb.

Secara garis besar tempat kursus yang di pare terkenal dengan spesifikasi program tertentu. Ada yang tekenal dengan program TOEFL,Speaking,Grammar, Writing dll. Selama gw disana selama 3 bulan, gw ngambil program speaking 2 bulan speaking di marvelous,2 minggu listening di Logico,1 Bulan bhs prancis di Hakim,1 bulan TOEFL di Elfast dan 1 bulan IELTS di Elfast. Gw pilih speaking di marvelous soalnya skor speaking gw di IELTS cuma 5.5.Berikut akan saya jelaskan beberapa tempat kursus berdasarkan pengalaman saya.

1.Marvelous

Marvelous terkenal dengan gaya speaking amerika. Disini anda akan diajarin pronounciation yang benar/cara ngomong yang benar berdasarkan aksen amerika. Malah kata-kata slang juga diajarin. Disini fokusnya adalah speaking bahasa inggris untuk kehidupan sehari-hari. Gurunya disini namanya Tantowi udah pernah ke Amerika 5 tahun jadi ngga usah diragukan lagi bhs inggrisnya kaya gimana

Biaya 700rb untuk 2 bulan

2.Elfast

Elfast terkenal dengan Grammar,writing dan TOEFLnya. gw ambil program TOEFL dan IELTS disini selama 1 bulan. slama disini skor TOELF gw pernah mencapai 547. kalo untuk IELTS nilainya ga memuaskan. gw cuman dapet skor 6.

Biaya : 195rb untuk TOEFL

3.Logico

logico itu sebenernya bagian dari Elfast juga. guru-gurunya juga guru dari Elfast. bedanya program disini setiap 2 bulan. jadi program TOEFL dibagi jadi 3 program : LIstening,Structure dan reading. jadi tiap program berlangsung selama 2 minggu. gw dulu cuma ambil listening doang di logico slama 2 minggu.

Biaya : 80rb/2 minggu

4.Webster

webster ini program kursusan yang 2 minggu. programnya terdiri dari speaking dan vocab. gw blom pernah ambil program disini. yang ambil program disini itu temen gw. kata temen gw ambil program vocab disini sih bagus.

Biaya : ga tau pasti 60rb-80rb

5.Global-E

Global-e ini ada program 2 minggu dan 1 bulan. gw dulu ambil writing 2 soalnya gw ngerasa writing gw udah ada dasar jadi gw ambil langsung yang writing 2. writing 2 disini diajari caranya bikin essay yang bener dimulai dari bikin introductory paragraph,body sampe conclusion. disini diajarin juga macem-macem essay itu kaya apa. yang ngajar waktu itu namanya Bagus orang asli pare.

Biaya : 75rb untuk writing

6.Daffodils

Daffodils ini terkenal sama program speakingnya. semua program berdurasi 1 bulan dan buka cuma tanggal 10 doang. ge sih blom pernah ambil di daffodils tapi menurut temen gw yang udah pernah ngambil katanya sih bagus. klo lo tanya anak yang udah lama di pare trus lo tanya program sepeaking yang bagus apa, pasti dia jawab daffodils.

harga : ga tau

7.Hakim Institute

Hakim ini menyediakan 4 kursus bahasa yaitu Inggris,Mandarin,Jepang dan Prancis. gw dulu pernah ngambil bahasa prancis disini selama 1 bulan. Kursus disini enaknya kalo anda udah pernah ngambil program tingkat satu trus mau ngambil tingkat satu lagi lo ngga perlu bayar lagi. dengan kata lain klo anda udah pernah ngambil program trus mau ngambil proram yang sama anda ga perlu bayar lagi. jadi disini anda dijamin sampe bisa. klo blom bisa ambil aja program yang sama lagi. lokasi kursus ada di deket elfast jl Anggrek.

Harga : 250rb untuk Prancis,200rb untuk Jepang

8.Sakura Indonesia

Dari namanya aja udah jepang-jepangan pasti ini kursus bahasa jepang. yup anda benar ini tempat kursus bahasa jepang. gw sebenernya pengen kursus disini tapi jadwal gw bentrok sama program bahasa inggris di mavelous. setiap mendekati tanggal 10 gw datengin ini kursusan buat nanya jadwal yang available tapi lagi-lagi bentrok. alhasil gw ngga jadi-jadi ngambil kurus bahasa jepang.

Harga : pendaftaran 20rb,program kursus 40rb

9. Kresna

Kresna terkenal dengan program grammarnya. disini klo mau belajar grammar bisa di pake atau bisa diecer. misalnya program HP1 belajar tenses sama part of speech. klo mau paket  1 terdiri dari HP1 dan HP2. Kalo mau ambil semua program grammar ada yang namanya program Planet English buka setiap 2 bulan sekali masuknya sehari 5x. gw blom pernah ngambil kursus disini tapi menurut temen gw yang udah pernah coba belajar disini katanya bagus dan murah. banyak aturan-aturan grammar yang “Wah” ternyata asal-usulnya itu begini.

Biaya : 260rb Planet English,32rb program eceran HP1,HP2…dtt HP9

Segitu aja hasil review gw mengenai pare. catatan biaya-biaya kursus tersebut per April 2011 ngga tau sekarang udah naik atau belom.

Ada 1 hal lagi yang membuat gw surprise yaitu disini banyak orang makassar. gw juga ngga tau kenapa banyak orang makassar disini apa sedemikian terkenalnya kampung pare sampe ke makassar yah. malah sampe mendirikan organisasi yang namanya Asset(Association of South Sulawesi Student).

Anak-anak pare disini kalo weekend biasanya liburan ke tempat-tempat pariwisata deket pare. Goa Surowono merupakan salah satu tempat wisata di pare. sebenrnya ini lebih miirp sungai bawah tanah. tetapi orang-orang dissana menyebut itu goa. Didalam goa itu terdapat aliran alir seperti sungai. goa itu hanya bisa dilewati oleh satu orang saja.  Biaya waktu saya kesana adalah Rp1.500 yang terdiri dari Rp500 uang masuk dan Rp1000 untuk membayar guide. Tempat kedua yang biasa di kunjungi adalah Simpang Lima Gumul. Gumul merupakan ikon kota kediri yang sangat dibanggakan oleh masyarakat kediri. Bentuknya sih kalo menurut gw ngga begitu spesial cuma ada tugu di tengah-tengah simpang lima.

Goa Surowono

Goa Surowono

Simpang Lima Gumul

Simpang Lima Gumul

:senang:

11 thoughts on “Kampung Inggris Pare

  1. hey dude dju know me?? i think we’re classmate. and then u’re my room mate too haha at camp one. You are dana, aren’t u??

  2. trmakasih atas informasinya. kalo yg di marvelous, kursus 700rb/ 2bulan itu ambil yg program apa yaa?? thx

    • Di Marvelous itu cuma ada 1 program aja. Fokusnya di speaking dengan gaya American Accent. Sebaiknya di cek lagi tarif kursus Marvelous sekarang. mungkin harganya sudah berubah

  3. pas ngambil bahasa perancis di Hakim, gimana bang reviewnya? sebulan bisa apaan aja ya?

  4. assalamu’alaikum..
    saya elok, niatnya saya mau ke pare ngambil kursus bahasa prancis di bulan februari. tapi banyak kendalanya, pertama saya gak tau gmna cara daftarnya, trus dsna bener bener gak punya kenalan. bisa bantu saya ka ?

    • Waalaikumsalam Elok,

      Saya menemukan website Hakim Insttute dimana saya sempat belajar bahasa Prancis selama sebulan. Bisa cek websitenya disini http://www.hakim-lc.com/. Disitu ada kontak yang bisa ditanya-tanya. Pertama coba ditelepon atau diemail dulu tanya gimana cara daftar, cara cari kostan dll..

      Terima kasih

  5. Bagus banget penjelasannya lengkap
    Oya,gimana Basil speaking selama 3bulan disana? Selama disana camp ato kos?
    Makasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website